6 Pola Makan Sehat Warga Jepang Yang Dapat Diterapkan Pada Anak


Kita semua akui sebagai mana
artikel seputar kesehatan, bahwa Sejak kecil warga jepang sudah terbiasa dengan pola hidup sehat. Hal ini termasuk dalam pemilihan sajian yang tepat sesuai porsi dan edukasi makanan sehat di sekolah. Selain itu jepang juga terkenal dengan harapan hidup tertinggi di dunia lho. Wah, keren banget kan? Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas 6 pola makan sehat warga jepang yang dapat diterapkan pada anak.

Mengapa anak-anak, sebab teori lama masih berlakuk. Kebiasaan baik ada baiknya jika mulai diterapkan sejak pada anak-anak. Sehingga kelak kalau sudah dewasa sudah menjadi kebiasaan. Ketimbang baru memulai di masa yang sudah dewasa. Tapi ya bagaimanapun, terlambat memulai lebih baik ketimbang sama sekali tidak memulai hal baik.

6 Pola Makan Sehat Warga Jepang
Setidaknya ada 6 pola makan sehat penduduk jepang yang bisa diterapkan pada anak-anak. Berikut pembahasannya.

1.    Makanan Dengan Kalori Kecil
Pola makan sehat warga jepang yang dapat diterapkan pada anak pertama adalah makan makanan dengan kalori kecil. Gaya makan sehat warga jepang biasanya terdiri dari semangkuk kecil nasi, sup miso, dan 3 lauk pendamping. Namun jika diterapkan di Indonesia kita dapat menggantinya dengan sayuran, buah, whole grain dan juga ikan yang kalorinya rendah. Dengan begitu pola makan kita akan sama dengan warga jepang guys.

2.    Menahan Diri Secara Fleksibel
Selanjutnya adalah menahan diri secara fleksibel. Sebenarnya pembatasan makanan ketat tidak menjadi bagian hidup orang jepang guys. karena justru anak-anak didorong untuk menikmati makanan ringan dan cemilan dengan jumlah frekuensi yang tepat. Maksudnya kita boleh menikmati makanan apapun namun dalam porsi yang lebih kecil saja.

3.    Konsumsi Nasi
Sebagai salah satu bagian dari Negara asia tentunya jepang masih menempatkan nasi sebagai makanan pokok mereka. Hal ini dikarenakan nasi dapat mengisi perut dan menggantikan pilihan kurang mengenyangkan seperti roti ataupun gandum. Namun untuk warga jepang disarankan untuk mengkonsumsi beras coklat karena lebih banyak mengandung nutrisi.

4.    Berjalan
Selanjutnya adalah berjalan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa masyarakat jepang sudah membangun aktifitas fisik dalam hidupnya sejak kecil. Kebanyakan anak-anak di jepang berjalan kaki untuk bersekolah. Namun jika kebiasaan ini kurang ralistis di Indonesia kita dapat menggantinya dengan olahraga setiap pagi bersama keluarga.

5.    Pengatur Gaya Hidup Anak
Berdasarkan riset bahwa kebiasaan yang ada dirumah akan menentukan gaya hidup anak dikemudian kelak. Biasakan anak-anak sejak bayi untuk mencoba makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan ya guys. dengan begitu anak-anak akan terbiasa dengan makan-makanan yang sehat dan bernutrisi.

6.    Kekuatan Makan Siang
Pola makan sehat warga jepang yang dapat diterapkan pada anak terakhir adalah makan siang. Sekolah-sekolah di jepang biasanya menyediakan makan siang untuk para muridnya. Sajiannya pun dibuat dari makanan yang di tanam secara local dan disiapkan segar ditempat. Jika sekolah anak kita tidak terdapat budaya tersebut maka kita dapat memberikan anak bekal dari rumah untuk makan siang. Dengan begitu kebutuhan nutrisi anak akan tercukupi.


Nah itulah 6 pola makan sehat warga jepang yang dapat diterapkan pada anak. Khusus bagi kamu para bunda yang punya anak, tak ada salahnya mencoba beberapapola makan sehat di atas. Toh sepertinya semunya cocok untuk lidah orang Indonesia. Dalam artikel seputar kesehatan juga tak ada yang menyangkal hal itu. 
Previous
Next Post »