Krisis Inspirasi, Inilah Deretan Film Anak Indonesia Yang Mendidik


Dunia perfilman memang selalu menarik untuk dibahas, termasuk salah satunya adalah judul film anak Indonesia yang mendidik. Mungkin jika Anda perhatikan mengenai apa yang sedang terjadi di tanah air mengenai tontonan anak-anak Anda akan miris. Dunia anak-anak seolah kekurangan inspirasi karena melihat konten yang sebenarnya belum waktunya untuk dilihat.

Media seperti film sebenarnya mengambil peran yang cukup banyak atas tumbuh kembang yang terjadi pada anak. Karena itulah, tidak pantas sekali anak-anak melihat konten yang sejatinya belum pantas untuk dilihat. Apabila menyalahkan, dalam hal ini ada banyak pihak yang memang patut untuk dipersalahkan, namun sebagai orang yang “peka” terhadap fenomena ini, ada baiknya mulai saat ini Anda memberikan konten yang lebih berkualitas untuk anak-anak.

Atas dasar itu jugalah kali ini kami akan sedikit memberikan informasi mengenai film-film anak yang memang cukup mendidik dan pantas untuk ditonton oleh anak-anak. Berikut inilah ulasan secara lebih lengkapnya.

Simfoni Luar Biasa
Film yang sangat menyentuh hati ini akansangat pas apabila Anda tonton bersama anak-anak. dengan menghadirkan anak-anak berkebutuhan khusus yang ternyata memiliki bakat dalam bermusik. Christian Bautista, memerankan tokoh utama Jayden Valarao, sosok musisi yang mendambakan menjadi seorang bintang rock, dan hidup bebas tanpa tujuan yang pasti. Di dalam perjalanan hidupnya, ia bertemu dengan anak-anak berkebutuhan khusus yang tak hanya punya mimpi, namun juga punya semangat hidup tinggi serta tahu ke mana mereka harus melangkah.

Melalui anak-anak berkebutuhan khusus tersebutlah akhirnya hidup Jayden mengalami banyak sekali perubahan. Film ini mungkin hanya berdurasi 100 menit, namun ada banyak sekali pelajaran yang bisa Anda petik dari film ini.

Rindu Purnama
Film yang disutradarai aktor senior Mathius Muchus ini mengangkat cerita mengenai kehidupan anak jalanan dan mungkin juga akan sangat pas apabila Anda tonton bersama anak-anak. Film ini dibintangi Tengku Firmansyah, Titi Sjuman, dan bintang-bintang baru lainnya. Dalam alur cerita film, disisipkan sebuah drama kasih sayang seorang pengusaha kaya terhadap seorang anak jalanan bernama Rindu. Tak hanya membuka mata terhadap keadaan sekitar, film ini sarat dengan adegan kasih sayang orang tua kepada anak-anak.

Karena alasan itulah film ini menjadi film rekomendasi yang harus Anda tonton bersama anak-anak. Bisa saja, melalui film ini anak-anak akan lebih bersyukur mengenai kehidupannya saat ini.

Petualangan Sherina
Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tidak asing lagi dengan film yang sering sekali diputar ketika liburan tiba ini. Petualanangan Sherina menceritakan mengenai mengenai persahabatan antara anak-anak yang awalnya saling bermusuhan. Alur cerita yang ringan dan mudah dipahami ini memang sangat pas untuk anak-anak.

Laskar Pelangi
Tidak kalah dengan petualangan Sherina, film Laskar Pelangi juga memperoleh banyak sekali penghargaan yang membanggakan. Diambil dari novel karangan Andrea Hirata, yang berjudul sama, film ini sangat laris sekali dan dapat diterima dengan baik di tanah air. Penontonnya pun tidak hanya sebatas anak-anak.

Denias, Senandung di Atas Awan
Diceritakan dalam film bersetting pedalaman Papua, seorang anak bernama Denias yang berjuang untuk mendapatkan sebuah pendidikan yang layak. Film yang diproduseri sekaligus dibintangi oleh Ari Sihasale dan Nia Sihasale Zulkarnaen ini, sarat akan kepedulian pendidikan di Indonesia. Cerita film diadaptasi dari kisah nyata seorang anak Papua bernama Janias, yang harus berjuang untuk bisa bersekolah. Tentunya ini menjadi film yang penuh inspirasi terutama bagi anak-anak agar tetap bersemangat dalam pendidikan di kota yang lebih mudah. Film ini sekaligus menjadi sindiran bagi pemerintah yang perlu membenahi pendidikan di Indonesia, agar merata dan tidak ada diskriminasi-diskriminasi tak masuk akal.


Sekian ulasan mengenai film anak Indonesia yang mendidik dan memang sangat layak untuk ditonton oleh anak-anak yang di bawah umur, sebenarnya Indonesia memiliki peluang yang cukup besar untuk berkarya di perfilman, hal ini terbukti banyaknya film-film yang memang sangat layak untuk mendapatkan pujian dan penghargaan.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
6 Juli 2017 00.30 ×

mantapp.. Sekarang mah apa kebanyakan film ato sinetron di televisi hanya bergenre romance. Jadi untuk anak" di bawah umur jadi kurang tontonan. Nice info gan

Reply
avatar
6 Juli 2017 00.30 ×

mantapp.. Sekarang mah apa kebanyakan film ato sinetron di televisi hanya bergenre romance. Jadi untuk anak" di bawah umur jadi kurang tontonan. Nice info gan

Reply
avatar