Inilah Tips Mudah Membuat Ruang Tidur Anda Terasa Lebih Spesial!


Sebagai tempat orang-orang mengisi ulang energi mereka setelah letih seharian penuh bekerja, ruang tidur tentu menjadi salah satu bagian terpenting dalam hunian setiap orang.
Meski dinamakan kamar tidur, nyatanya banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di dalamnya. Sebut saja belajar, bekerja, membaca, menonton TV, dan sebagainya.

Untuk bisa tetap merasa nyaman melakukan hal-hal tersebut di dalam kamar pribadi Anda, rasanya memiliki kasur tidur yang nyaman saja takkan memadai. Apalah artinya kasur yang nyaman jika meja belajar atau meja kerja Anda kurang nyaman digunakan, atau peletakkan televisi yang kurang sejajar dengan level pandang Anda. Belum lagi jika penataan kamar yang seadanya sehingga estetika kamar tidur Anda tiada mengandung hal spesial apapun di dalamnya.

Lalu, bagaimana cara untuk menciptakan kamar tidur terbaik di mana Anda bisa merasa begitu nyaman berada di dalamnya? Berbicara mengenai desain interior kamar tidur memang gampang-gampang susah. Namun, dengan mengikuti beberapa tips profesional di bawah ini, Anda mungkin tak perlu untuk menggunakan jasa desain interior untuk mempercantik tampilan kamar tidur tercinta. Berikut tipsnya untuk Anda.
1.    Tentukan warna pilihan Anda


Warna merupakan suatu kunci keberhasilan seseorang dalam mendesain kamar tidurnya. Perbedaan saturasi dan kepekatan suatu warna dapat memberikan suasana yang berbeda untuk kamar tidur Anda. Misal, Anda penyuka warna hijau dan ingin kamar Anda diwarnai dengan warna kesukaan Anda tersebut. Namun sesampainya Anda di toko bangunan, Anda lalu akan disuguhi beberapa shade warna hijau yang berbeda. Bisa saja Anda harus memilih satu di antara warna hijau tosca, hijau pekat, hijau cerah, hijau pastel terang, atau hijau pastel gelap.

Meski sama-sama hijau, perbedaan saturasi dan kepekatan ternyata akan berdampak besar pada suasana kamar Anda nantinya. Jika Anda memilih warna-warna netral atau pastel cerah, Anda dapat membuat kamar tidur Anda terasa lebih luas dari ukuran aslinya, sementara  jika Anda menggunakan warna-warna yang cenderung lebih gelap, kamar tidur Anda akan terkesan lebih menyusut atau mengecil. Selain itu, pemilihan warna yang tepat juga dapat memberikan Anda rasa nyaman dan tenang.

2.    Berikan penerangan yang tepat

Karena sebagian besar waktu siang Anda dihabiskan berada di luar ruangan, kamar tidur dengan penerangan alami mungkin takkan berdampak banyak bagi kenyamanan diri Anda. Hal inilah yang membuat aspek penerangan di dalam kamar menjadi sangat penting untuk memberikan unsur spesial di kamar Anda.

Orang-orang seringkali mengabaikan pentingnya penerangan yang memadai di kamar tidur dengan alasan ketika tidur, mereka toh lebih nyaman tidur dalam kondisi gelap gulita. Jadi apa pentinya penerangan di kamar tidur? Persepsi tersebut merupakan sebuah persepsi yang salah kaprah. Mengingat kamar tidur tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk tidur semata, ada baiknya Anda memperhatikan aspek-aspek lainnya selain tidur. Misalnya ketika Anda belajar atau bekerja.

Untuk itu, sebaiknya Anda menaruh sebuah lampu di atas meja belajar atau meja kerja, dan juga sebuah lampu yang tidak begitu terang atau remang-remang di salah satu sisi meja tidur Anda. Dengan begitu, untuk Anda yang hobi membaca, Anda bisa memiliki spot membaca yang nyaman dan tenang.

3.    Jangan biarkan ada barang menumpuk

Barang yang dibiarkan menumpuk selalu menjadi perusak estetika ruangan. Tidak hanya di dalam kamar tidur, namun ruangan lainnya di seluruh penjuru rumah. Jadi, jika Anda ingin memberikan sedikit unsur spesial dalam kamar tidur, selalu rapikan seluruh barang-barang dan jangan biarkan mereka tertumpuk di suatu sudut ruang tidur. Selain tampak indah, kamar tidur tanpa tumpukan barang juga lebih mudah untuk dibersihkan sehingga Anda dapat senantiasa menjaga tampilannya tetap bersih.

Itulah beberapa tips mudah yang dapat Anda praktekkan untuk membuat kamar tidur Anda tampil lebih cantik dan terasa lebih nyaman. Yuk, mulai dekorasi kamar pribadi Anda sekarang!
Previous
Next Post »