Wisata Unik di Batu Malang


Bosan berlibur ke Kota Bandung, Bali atau Yogyakarta? Kamu bisa mencoba berlibur ke Kota Batu atau Malang. Malang tak hanya terkenal dengan Museum Angkut, pantai-pantai, dan Coban Rondo. Masih ada destinasi unik yang harus kamu kunjungi, lho! Lebih baik tentukan jadwal dan segera cari penerbangan murah menuju Malang. Berikut ini wisata unik di Batu Malang yang bisa kamu kunjungi, di antaranya:


1. Mata Air Sumber Jenon

Photo: merdekamalang.com

Keunikan dari sumber mata air Jenon ini dianggap dapat menyembuhkan suatu penyakit, termasuk penyakit kulit. Pengunjung yang percaya dengan mitos ini akan mandi dari mata air Jenon yang sudah diberikan taburan bunga. Keunikan dari sumber mata air yang berbentuk seperti kolam ini yaitu terdapat ikan Sengkaring yang berjumlah 37 ekor berwarna merah dan hitam dengan panjang 50-70 sentimeter. Ikan ini diyakini sudah berumur ratusan tahun dan tetap berjumlah 37 ekor meskipun sudah berulang kali dipancing.

Legenda yang terdengar di masyarakat setempat zaman dulu ada sepasang suami istri yaitu Rantung Wigati dan Irogat, istrinya. Mereka berasa dari Mataram dan mengungsi karena terjadi peperangan di sana. Sepasang suami istri ini bercocok tanam tetapi saat musim kemarau tiba,mereka kesulitan air. Akhirnya mereka pun bertapa di bawah pohon jenu yang berada di atas Gunung Harimau. Namun, tiba-tiba angin kencang datang dan meruntuhkan pohon jenu hingga terjatuh dan membuat ledokan tanah yang memunculkan air yang begitu deras. Bahkan ada cerita bahwa pohon itu berubah menjadi naga. Terlepas dari mitos dan legenda yang menempel pada mata air Jenon, kecantikan tempat ini tak bisa dipungkiri.

Sumber air yang berasal dari kaki Gunung Ronggo ini memiliki warna air yang biru tosca sangat jernih dan memiliki kedalaman hingga empat meter. Pengelola di sini pun menyediakan fasilitas penyewaan ban bagi kamu yang tidak bisa berenang. Penasaran dengan keindahan dari Mata Air Sumber Jenon, setelah cari penerbangan rumah dan tiba di Bandara, kamu bisa menuju kawasan Gunung Ronggo, kecamatan Tajinan. Dari Bandara kurang lebih satu jam untuk tiba di sini. Untuk masuk ke sini, kmau hanya perlu membayar Rp2.000,-


2. Predator Fun Park

Photo: tripadvisor.com

Mendengar kata predator saja pasti sudah membuat kamu ketakutan. Apalagi jika ada objek wisata yang menyuguhkan berbagai predator. Di Jalan Raya Tlekung No. 315, DusunGangsiran, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kecamatan Batu terdapat objek wisata bernama Predator Fun Park. Meskipun hampir 80 persen semua yang ada di tempat ini adalah predator, kamu tak perlu khawatir karena semua kandang sudah sesuai dengan standar keamanan dan terdapat pawang yang handal.

Tempat ini baru dibuka pada lebaran lalu, jadi masih berumuran jagung. Namun, hewan predator dan fasilitasnya pun sudah cukup lengkap. Harga tiket masuk untuk hari biasa Rp30.000 dan akhir pekan Rp50.000,- Saat pertama masuk kamu akan disuguhkan Galeri Buaya. Patung-patung buaya dengan beraga, gaya menggunakan kostum yang serba lucu contohnya buaya sedang menyanyi atau bermain gitar. Selanjutnya, kita bisa langsung ke Penangkaran Buaya dengan berjalan kaki atau menyewa e-Bike dengan harga Rp100.000 untuk dua jam.

Selain lokasi predator, masih ada area santai misalkan untuk berfoto dengan latar belakang yang eye catchy misalkan di pancing selfie. Jadi, di tempat ini kamu bisa memancing setelah dapat ikannya dan berfoto, ikannya harus dikembalikan lagi. Ada juga taman khusus bermain anak-anak yang dilengkapi dengan berbagai patung buaya yang berwarna-warni. Tak sabar bukan, ingin segera mengajak adek, saudara untuk berlibur ke tempat-tempat unik di Malang? Kamu dapat cari penerbangan murah melalui reservasi.com untuk mendapatkan harga yang terbaik.


3. Masjid Tiban

Photo: Dolandolen.com

Jika ingin berwisata religi di Kota Batu ataupun di Malang, kamu bisa mengunjungi Masjid Tiban. Masjid ini sudah terkenal hingga ke luar negeri, bukan hanya bangunannya yang indah dan menjulang tinggi tetapi masjid ini juga menyimpan banyak misteri. Konon, masjid ini didirikan hanya dalam waktu satu malam dan dibangun oleh para jin. Masjid dan sekaligus Ponses Salafiyah Bihaaru Bahri'asali Fadlaailir Rahmah terletak di  Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06 Desa Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang.

Dari Bandara kurang lebih jaraknya 34 kilometer atau satu jam perjalanan. Cukup jauh ya ternyata. Jika objek wisata dan penginapan yang kamu cari adalah hotel di Batu Malang lebih jauh lagi, kamu harus menempuh perjalanan 1,5 jam. Masjid ini dirancang oleh pendirinya KH. Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam dan nyatanya dibangun dengan bantuan para sanri dan juga jamaah. Sehingga terbentuklah Masjid megah nan indah berwarna biru.

Bagaimana tiga destinasi wisata di atas benar-benar unik bukan? Untuk mencari penginapan sesuaikan destinasi wisata yang banyak kamu kunjungi. Jika ingin mencari hotel di Batu Malang kamu bisa memesannya secara online sebelum berangkat.


Previous
Next Post »