Jangan Takut Salah Beli Susu Formula Bayi, Relaktasi jadi Solusi!



Tersebar beragam jenis produk yang ditawarkan di berbagai tempat
jual susu formula, maka tak jarang para mama pun jadi tergiur untuk mencobakannya pada anak sebelum menemukan jenis produk susu formula yang paling tepat. Terkadang proses coba-coba ini bisa membingungkan indra perasa maupun pencernaan bayi. Berikut solusi terbaik menanganinya.
Penyebab Harus Dilakukan Relaktasi

Tak akan pernah ada jenis susu formula yang bisa menggantikan khasiat luar biasa dari produk organik alamiah ASI dari sang mama langsung. Jika kemudian mama memiliki kendala untuk menyajikan ASI mencukupi bagi bayi maka susu formula bisa menjadi solusi yang efisien. Namun konsumsi ASI tak boleh benar-benar ditinggalkan oleh bayi newborn.

Mengingat kandungan nutrisi berlimpah serta zat antibodi yang sangat urgent dibutuhkan untuk sistem imunitas bayi maka si kecil tetap harus diberikan asupan ASI semaksimal mungkin. Nah bisa jadi lantaran meminum produk susu formula menyebabkan bayi jadi kurang terbiasa dengan rasa ASI dari mamanya sendiri maka relaktasi bisa mulai dilakukan.

Atau pada saat membeli susu formula yang ternyata kurang kompatibel untuk bayi misal menimbulkan gejala alergi yang mengganggu sistem cerna maka relaktasi bisa menjadi pembantu dilakukannya proses transisi. Gejala alergi yang mungkin ditimbulkan bisa adanya keluhan nyeri perut, kembung, mual, muntah hingga muncul gejala diare yang mengganggu.

Sebelum langsung saja mengganti penggunaan brand produk susu formula yang jauh lebih tepat maka ada baiknya mama mengajak bayi melakukan relaktasi. Hal ini demi masa transisi yang jauh lebih aman bagi kondisi bayi Anda. Sambil para orang tua memanfaatkan waktu secara seksama untuk menentukan produk susu formula paling tepat yang paling kompatibel.
Prosedur Relaktasi yang Paling Efektif

Dikarenakan beragamnya kondisi maupun situasi si kecil maka pemilihan produk yang ditawarkan di beragam tempat jual susu formula harus dilakukan secara teliti. Jika bayi tak cocok dengan satu jenis susu formula maka bukan artian semua produk susu tak kompatibel dengannya. Seringkali hanya belum bertemu yang paling tepat untuk menunjang nutrisinya.

Sedangkan bayi yang terbiasa menyusu produk susu formula bisa Anda ajak melakukan relaktasi jelang masa transisi untuk beralih brand susu paling cocok. Relaktasi bisa dilakukan dengan memerah ASI dan meletakkannya di botol wadah susu formula yang biasanya agar bayi merasa terbiasa. Atau sementara berikan sedikit saja susu formula untuk dipadukan ASI.

Jika produksi ASI kurang maksimal maka bisa diatasi dengan menggunakan pipet atau selang khusus relaktasi pada dekat payudara untuk memancing bayi meminum ASI secara jauh lebih optimal. Sambil meminimalisir alergi serta menentukan produk terbaik di tempat jual susu formula maka produksi ASI Anda pun bisa seiring waktu terangsang semakin optimal lagi.

Newest
Previous
Next Post »