Panduan Memilih Kamera yang Tepat untuk Traveling



Saat-saat traveling emang jadi yang paling pas buat menikmati sekaligus mengabadikan momen sebanyak-banyaknya. Kalo saya pribadi, tipe yang prefer bawa kamera kalo lagi traveling. Karena, sebisa mungkin saya ngehindarin frekuensi pake smartphone pas lagi jadwalnya traveling. Oh ya, dan kadang-kadang kamera smartphone juga nggak mumpuni kualitasnya buat ngambil gambar.

Bawa-bawa kamera pas traveling emang agak tricky. Dulu pas lagi jamannya DSLR dan SLR, saya sempet repot buat mobilisasi di tempat wisata selama traveling karena bawa kamera DLSR yang berat plus aksesorisnya: lensa fish eye sampe tripod. Beberapa taun setelah pake, akhirnya kamera DSLRnya saya jual dan ganti sama mirrorless yang lebih ringkas dan ringan buat dibawa ke mana-mana.

Beberapa taun belakangan, banyak tipe-tipe kamera baru yang muncul mulai dari mirrorless sampe action cam. Waktu saya beli kamera mirrorless Fujifilm XA2, kebetulan lagi ada promo kredit online tanpa kartu kredit di Lazada. Karena saya nggak punya kartu kredit, karena males apply kartu kredit, hehe, makanya saya nggak nyia-nyiain peluang ambil cicilan kamera tanpa kartu kredit pake Kredivo di Lazada.

Ada beberapa hal yang saya pertimbangin pas nyari kamera baru yang simple buat traveling:

Kualitas lensa dan sensor kamera

Sudut lensa dan sensor yang besar adalah dua hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih kamera buat traveling. Makin besar sudut lensa, makin besar juga sudut pandang objek yang bisa diambil. Lensa dengan sudut yang besar (lebih dari 100 derajat) biasanya ada pada action cam, misalnya Xiaomi Yi atau Go Pro. Buat yang seneng traveling di alam dengan panorama yang membentang, action cam bisa jadi pilihan terbaik.

Buat kamera biasa selain action cam, yang paling simple adalah memilih kamera yang lensanya satu, nggak bisa diganti-ganti kayak kamera pocket. Jadi nggak repot mesti bawa banyak lensa pas traveling. Kecuali kalo kamu memang punya profesi di bidang fotografi atau videografi.

Begitu juga dengan sensor gambar. Makin besar ukuran sensor, makin besar juga kemampuannya buat tetap optimal menangkap gambar dalam kondisi cahaya apa pun. Kamera mirrorless adalah salah satu jenis kamera yang punya image sensor lumayan Sony Alpha A5100 misalnya yang memakai sensor jenis CMOS APS-C (2.36 x 15.7 mm) Exmor 24,3 MP.

Jadi, meskipun resolusi piksel gambar dari hasil jepretan kamera dan smartphonemu sama (sama-sama 15 MP misalnya), kualitasnya bisa jauh beda karena ukuran sensor yang dipake itu tadi. Kalo mau yang lebih bagus lagi, kamu bisa pilih DSLR dengan sensor Full Frame. Tapi, ya lumayan berat kalo dibawa pas traveling.

Nggak terlalu besar dan bobotnya ringan

Karena saya nggak suka ribet kalo lagi traveling, kamera yang ringkes dan ringan sifatnya penting. Waktu itu lagi eranya mirrorless, jadinya saya pilih Fujifilm XA2. Nggak cuma bobotnya yang ringan, desain bodi Fujifilm XA2 juga vintage dan lebih keren, plus enak digenggam juga.

Kalo mau yang lebih ringan dan praktis lagi, kita bisa pilih kamera pocket. Sekarang juga udah banyak kamera pocket yang kualitasnya nggak kalah sama mirrorless atau DSLR, misalnya Canon G9X. Pilih kamera pocket atau compact yang punya ukuran sensor minimal 1 inci supaya hasil jepretannya mumpuni.

Waktu saya beli Fujifilm XA2, harganya masih Rp 8 jutaan di Lazada. Saya pilih tenor cicilan 12 bulan pake Kredivo dengan bunga 2,95%. Awalnya saya mikir nggak mungkin bisa nyicil kamera kalo nggak punya kartu kredit. Tapi ternyata yang namanya kredit tanpa kartu kredit itu bener-bener ada. Ya Kredivo ini contohnya.
Syarat buat daftar akun Kredivo juga gampang: wajib berumur minimal 18 tahun, punya penghasilan tetap bulanan Rp 3 juta, dan berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Palembang, Semarang, Denpasar, atau Medan. Daftarnya lewat aplikasi Kredivo (download di Google Play Store atau App Store), dan kita perlu nyambungin akun Facbook, 1 akun e-commerce, upload foto beberapa dokumen kayak KTP, STNK/KK, dan bukti penghasilan. Kalo udah daftar, tinggal nunggu 1 x 24 jam buat proses approval.

Salah satu keuntungan pake Kredivo, kredit barang apa pun termasuk kamera, nggak ada dp atau biaya tahunan. Jadi angsuran yang kita bayar per bulannya itu cuma harga barang dan suku bunganya aja.

Kredivo bisa ngasih plafon kredit maksimal sampe Rp 20 juta. Waktu itu, saya dapet plafon kredit sekitar Rp 9 jutaan, makanya saya bisa kredit Fujifilm XA2 yang lumayan mahal. Oh ya, Kredivo ini ngenain biaya keterlambatan juga sebesar 3% dari jumlah angsuran. Jadi, jangan sampe telat bayar kalo kamu nyicil barang pake Kredivo, karena dendanya lumayan.

Kapasitas baterai

Karena ngecharge baterai kamera bisa berjam-jam, maka sebaiknya, pilih juga kamera yang kapasitas baterainya lumayan besar. Supaya kalo lagi asik-asik traveling, baterai kamera cukup untuk dipake seharian. Solusi lainnnya, kamu bisa beli satu baterai cadangan buat dipake sewaktu-waktu kalo baterai utama habis. Sebab, beda sama smartphone yang bisa ngandelin power bank, kalo baterai kamera habis, mau nggak mau kita harus balik hotel atau cari colokan buat ngecas baterai.

Ketahanan debu dan air

Nggak semua kamera bisa tahan sama kelembaban suhu, debu, apalagi air. Khususnya air, kalo tujuan travelingmu buat basah-basahan kayak diving, snorkeling, atau mantai, kamu perlu cari kamera yang waterproof atau water resistant. Milih kamera tahan air juga agak tricky karena nggak semua kamera juga bisa tahan di air laut yang asin.

Pada masanya, Go Pro termasuk action cam yang jadi piliihan terbaik buat petualangan traveling di tempat-tempat terbuka atau alam bebas. Kalo cari yang lebih murah, sekarang juga banyak action cam lain yang harganya lebih murah dari Go Pro tapi kualitasnya jempolan, Xiaomi Yi, misalnya.

Karena udah lewat masanya dan kalah pamor sama mirrorless atau action cam lain yang lebih murah, harga Go Pro sekarang juga udah mulai turun. Di beberapa merchant online kayak Bukalapak, Tokopedia, atau Lazada, harganya ada di kisaran Rp 3 jutaan. Plus bisa cicilan dengan pilihan tenor juga pake Kredivo karena harganya di atas Rp 1,5 juta. Oh iya, nggak cuma Lazada yang udah jadi partner resmi Kredivo, ada 200 lebih merchant online dan offline lainnya juga kayak Bukalapak, Tokopedia, JD.id, Bhinneka, Blibli. Kita bisa cek daftar merchant yang udah jadi mitra resmi Kredivo di aplikasi atau di situs resmi Kredivo di sini.

Punya fitur Wi-Fi dan GPS

Adanya fitur Wi-Fi pada kamera travelingmu bisa memudahkan kita buat mentransfer hasil jepretan atau video langsung ke smartphone atau media sosial. Jadi, nggak perlu susah-susah mindahin SD Card ke laptop dulu, compress, baru transfer data, kayak kamera SLR. Sementara fitur GPS, berfungsi untuk menambahkan geotagging atau informasi lokasi dari objek yang difoto.

Di jaman serba digital kayak sekarang, sebagian orang cenderung nyimpan beberapa koleksi foto travelingnya langsung ke akun media sosial, Instagram misalnya. Nah, buat yang seneng Instagram-an selama traveling, dua fitur ini pas banget buat ngebantu ngeshare langsung hasil foto ke akun Instagram.
Newest
Previous
Next Post »