Trik Hidup Hemat, Anak Kost Wajib Baca!

Trik Hidup Hemat, Anak Kost Wajib Baca! – Agar tidak mengandalkan terus uang dari orang tua atau kiriman tiap bulan dari ayah/ibu, tentunya Anda sebagai anak kost harus memiliki siasat khusus untuk menekan budget hidup selama berada di perantauan. Tentunya Anda sangat memerlukan informasi seputar trik hidup hemat, anak kost wajib baca yang telah dirangkum dan dihimpun Mamikos. Jika Anda sudah penasaran dan tidak sabar lagi untuk mengetahui apa saja trik-trik dari hidup hemat yang wajib diketahui oleh anak-anak kost seperti Anda, maka simaklah ulasan di bawah ini dengan saksama. Setelah itu, jangan lupa untuk dipraktekan, ya. Menjelang tahun baru, tentunya semangat dan gairah untuk menjaga resolusi baik Anda di tahun baru masih menyala-nyala dan cukup membara. Manfaatkan hal tersebut dengan menjaga betul pengaplikasian trik dan tips yang Mamikos sarankan ini.
Jadi apabila Anda masih dirisaukan dengan urusan mencari cara hidup anak kost yang baik, cara menabung ala anak kost, cara hemat anak rantau, cara mengatur keuangan bulanan anak kos atau mungkin tabel pengeluaran anak kost, contoh anggaran anak kos, bahkan contoh daftar belanja bulanan anak kos, atau cara hidup hemat anak sekolah maka Anda sedang membaca sebuah ulasan yang sangat bermanfaat bagi Anda yang masih berstatus sebagai mahasiswa/ anak kost.

1. Buat daftar pengeluaran untuk sebulan
Berada di daftar pertama, tentunya membuat sebuah daftar pengeluaran selama sebulan sangatlah esensial dan tidak boleh Anda lewatkan. Tujuan dari Anda membuat daftar pengeluaran itu agar uang yang masih dikirimkan oleh orang tua dapat terorginisir dengan baik dan tidak terhambur untuk sesuatu yang tidak begitu Anda perlukan. Dengan belajar untuk membuat daftar pengeluaran Anda selama satu bulan, tentu saja Anda sedang berlatih agar terbiasa mengatur keuangan Anda untuk di masa mendatang juga. Lantas bagaimana cara memulainya? Anda mungkin bisa membuat daftar pengeluaran mulai dari yang terpenting sampai yang masuk dalam kategori hiburan seperti jalan-jalan atau berekreasi. Segera sisihkan uang untuk hal paling penting, seperti bayar kos, uang kuliah, makan, listrik, dan belanja bulanan, kemudian sisanya untuk pengeluaran-pengeluran lain.

2.  Temukan Tempat Makan Level Mahasiswa/ Anak Kost
Trik atau cara hidup hemat berikutnya adalah menemukan sebuah tempat makan level mahasiswa/ anak kost yang harga menunya pun sangat ramah di kantong Anda. Saran yang satu ini tentu saja wajib sekali untuk Anda coba. Barang kali Anda sering sekali kehabisan uang di tengah bulan sebenarnya bukan karena belanja. Saat Anda mau mengecek lagi barang-barang di kosan, mungkin Anda tidak akan lihat ada barang baru. Jadi ke mana uangnya? Setelah Anda mau mengintrospeksi diri, ternyata bisa saja Anda malah sering makan atau sekadar nongkrong di tempat mahal, nyaris setiap hari. Ya sudah jelas dong kenapa uang Anda cepat sekali habis padahal urusan perut sudah pasti jauh lebih penting ketimbang nongkrong. Masih berstatus mahasiswa, jadi anak kost pula, kemudian Anda dikasih uang jajan pas-pasan, eh malah makan di tempat yang tidak sesuai dengan uang makanmu. Mulai sekarang, lebih baik perbanyak menghemat uang saku sejak awal bulan. Anggap awal bulan itu layaknya akhir bulan. Pilih tempat makan yang murah dan terjangkau kantong anak kost atau mahasiswa. Intinya, jangan sampai di akhir bulan nanti, Anda harus makan mi instan setiap hari. Ingat, mi instan itu tidak sehat dan akan berdampak buruk bagi tubuh jika sering dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

3. Hindari Kegiatan Kurang Penting
Selain makan di tempat yang mahal, nongkrong- atau ngopi-ngopi masuk kegiatan kurang penting juga turut membuat uang saku Anda terkikis lebih cepat dari yang seharusnya. Contohnya aja, Anda menonton bioskop setiap minggu, ikut nongkrong di mall bersama teman-teman, atau jalan-jalan, dan tidak mungkin Anda tidak mengeluarkan sepeser uang. Pergi rekreasi memang dibolehkan kok, tapi ada baiknya tidak setiap hari juga dan satu kali jalan harus memakan uang hingga ratusan ribu. Apakah Anda ingin makan obat pereda nyeri lambung hingga akhir bulan? Tentu saja tidak bukan. Bukan saja hanya menghabiskan uang saku, waktu Anda juga akan terbuang begitu saja padahal mungkin Anda masih bisa melakukan berbagai kegiatan bermanfaat lainnya yang jauh lebih menguntungkan untuk Anda. Alternatif lain yang dapat Anda pilih, Anda dan teman-teman Anda tidak perlu jalan keluar, tapi bisa mengobrol dan seru-seruang saja di kos agar lebih hemat. Mulai dari main monopoli, nonton DVD bersama, atau kegiatan seru lainnya yang tidak menguras kantong Anda. Intinya tetap bisa ‘nongkrong’ bareng teman, tapi uang Anda tetap aman. Anda perlu mencoba!

4. Belanjalah yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan!


Cara bertahan hidup atau trik hidup hemat yang selanjutnya harus Anda coba ialah selalu belanja sesuai kebutuhan. Sering kali anak kost jika baru mendapat uang kiriman dari orangtuanya langsung pergi ke supermarket untuk membeli barang untuk kebutuhan bulanan. Sebelum berbelanja, biasanya Anda menganggap persediaan sebelumnya telah habis dan membutuhkan persediaan baru tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Namun, hal ini justru membuat Anda sangat boros. Sebelum berbelanja ada kalanya Anda membuat daftar kebutuhan yang benar-benar Anda butuhkan terlebih dahulu dan pastikan Anda memang sudah terdesak untuk membelinya. Kemudian Anda bisa melakukan survey supermarket yang menjual barang dengan harga yang lebih terjangkau atau mengadakan diskon atau potongan harga yang cukup menggiurkan. Hindari membeli barang terus menerus karena hal ini akan membuat Anda lapar mata dan membeli barang yang tidak terlalu Anda butuhkan sehingga menjadikan Anda semakin boros.

5. Belajar Untuk Mencari Penghasilan Sampingan
Kategori yang satu ini mungkin tidak masuk dalam trik hidup hemat namun jika Anda hendak mendapatkan penghasilan tambahan dan ingin bisa menabung, maka opsi ini bisa segera Anda pilih. Jika Anda memang memiliki waktu luang, kenapa tidak manfaatkan untuk mencari penghasilan sampingan saja? Lumayan, kan, untuk menambah uang saku dari orangtua. Zaman makin canggih seperti sekarang ini, tentunya Anda bisa manfaatkan teknologi yang ada untuk  mendapat uang. Misalnya, Anda bisa coba jadi penulis artikel, buka online shop, atau jadi dropshipper atau reseller. Meski telah mendapat uang tambahan dari kerja, Anda harus tetap ingat untuk berhemat dan tujuan Anda untuk menabung. Percayalah, uang tersebut akan sangat bermanfaat untuk Anda ke depannya. Sebanyak apapun uang yang Anda dapatkan tapi kalau hidup Anda boros, tetap saja di akhir bulan Anda akan kembali makan obat pereda sakit lambung dan makan nasi putih dengan kecap manis lagi. Anda mau? Prinsip yang harus Anda ingat adalah bukan seberapa banyak uang saku yang Anda dapatkan, tetapi bagaimana Anda dapat mengelolanya dengan baik.

6. Jangan Malas Cuci Pakaian Sendiri
Belakangan memang sudah banyak tempat laundry pakaian yang menjamur dan menawarkan harga murah serta menggiurkan untuk menggunakan jasa mereka. Eits, selintas jasa laundry tersebut memang terasa murah, hanya sekitar Rp6.000-Rp7.000 saja untuk hitungan per kilogra. Tapi tahukah Anda, bisa jadi jumlah pakaian yang Anda kenakan dalam seminggu itu lebih dari satu kilo, bahkan beberapa kilo. Katakanlah dalam 1 minggu pakaian kotor Anda telah mencapai berat hingga 3 kg, berarti coba hitung Rp 6.000 x 3 = Rp18.000. Dalam sebulan bila 4 kali menggunakan jasa laundry, maka Anda harus mengeluarkan biaya cuci sebesar Rp18.000 x 4 = Rp72.000. Angak segitu untuk urusan cuci mencuci baju saja? Coba uang tersebut untuk membeli deterjen baju, Anda bisa mencuci berapa banyak tanpa harus buang biaya lagi. Dan sabun cuci baju itu bisa digunakan untuk beberapa bulan ke depan bila Anda bersedia mencuci baju Anda sendiri. Urusan baju saja Anda bisa menekan biaya kok dan jangan malas saja untuk mencucinya. Anda bisa mencuci pakaian setiap akhir pekan maupun saat libur, agar tidak menggangu aktifitas utama Anda. Anggap saja dengan mencuci baju sendiri Anda berolahraga kecil-kecilan atau minimal badan lebih sehat karena lebih sering bergerak. Tak perlu keluar uang untuk biaya gym atau fitness, kan?!

7. Jangan Malu Bawa Air Minum Sendiri


Biasakan diri untuk selalu membawa air minum sendiri, agar Anda tidak perlu selalu membelinya di luar. Meskipun air mineral botolan yang dijual di pasaran terbilang cukup murah, hanya berkisar Rp 2000,00 – Rp 5000,00 saja, tapi sejatinya Anda masih bisa menghemat uang untuk keperluan lebih penting lainnya. Coba saja kalikan angka Rp 5000,00 dengan banyaknya Anda membeli air minum dalam kemasan dalam satu hari, di kalikan lagi dalam satu bulan? Bukankah akan lebih hemat jika Anda sekalian saja membeli satu gallon air yang dapat Anda isikan dalam botol air minum Anda yang bisa Anda bawa setiap hari. Anda hanya harus terbiasa dan rela membawa bekal air minum dari kost, sehingga bisa meminumnya kapanpun Anda menginginkannya tanpa perlu menunggu atau menunda hingga Anda membeli air minum kemasan botol di toko atau minimarket terdekat. Selain hemat, Anda juga telah mendukung gerakan menekan sampah plastik yang dapat menyelamatkan bumi ini.

Setelah membaca ulasan seputar trik hidup hemat yang telah habis-habisan dibahas di atas, Anda tentunya sudah tidak sabar lagi untuk segera mempraktekannya bukan? Jangan lupa untuk mengecek aplikasi pencari hunian Mamikos atau laman resmi mamikos.com yang dapat Anda akses via PC Anda dalam mencari informasi seputar anak kost putra jogja, mahasiswa/i, kehidupan kampus, beasiswa, bahkan info lowongan pekerjaan. Hanya melalui aplikasi pencari hunian dan aplikasi multifungsi Mamikos ini, segala informasi yang tadi telah disebutkan di atas dapat Anda peroleh dengan Cuma-Cuma. Caranya pun sangat mudah. Cukup unduh aplikasinya via ios dan Playstore dan dapatkan informasi selengkapnya mengenai hunian, info atau tips dan trik hidup hemat, anak kost wajib baca yang sangat menguntungkan bagi Anda. Hanya dengan menggunakan ponsel pintar dan paket data Anda, Anda sudah dapat menelusuri segala info tersebut di ponsel Anda kapan saja dan dimana saja.


Newest
Previous
Next Post »